Sekarang akan saya share KPI utama yang digunkan pada sebuah perusahaan telekomunikasi.
Berikut ini beberapa KPI utama
yang digunakan pada sebuah perusahaan telekomunikasi (saya share 2 dulu yah^^), antara lain :
1.
LUSR ( Location Update Success Ratio )
Location Update menjadi salah satu hal penting
yang harus dilakukan oleh suatu mobile
station ( MS ). Setiap perpindahan lokasi dari suatu MS seharusnya dicatat
oleh VLR atau HLR tempat dia berada sehingga didapatkan database subscriber
yang terbaru. Data ini sangat diperlukan ketika ada suatu paging terhadap suatu
MS sehingga keberadaannya diketahui dan panggilan pun dapat dilakukan. Oleh
karena itu, location update menjadi
sangat perlu dikarenakan perubahan database ini merupakan penentu besarnya
indikator lainnya.
LUSR (Location
Update Success Rate) adalah suatu ratio dari perbandingan antara
jumlah mobile mengupdate lokasinya dengan sukses dan jumlah mobile meminta
kepada jaringan untuk mengupdate lokasinya dimana dia berada. Formula yang digunakan dalam menghitung rasio ini
adalah
LUSR (%) = (Location
Update Success/ Location Update Request)*100.
Standard LUSR tergantung tiap perusahaan (di atas 90%,92%,dsb)
2.
PSR ( Paging Success Rate )
Paging digunakan untuk mengetahui
keberadaan MS di suatu location area
(LA), paging biasanya di-trigger ketika ada panggilan atau sms yang akan masuk
ke sisi penerima. Agar network dapat memanggil atau mengirim pesan ke sisi
penerima (called party), maka network melakukan paging terlebih dahulu untuk mengetahui keberadaan MS called party.
Saat
melakukan paging, BSC (trigger paging dilakukan dari MSC) akan membroadcast B#
yang dituju ke seluruh location area dari data terakhir MS B# berada, yang
diperoleh dari HLR. Jadi paging dapat diasumsikan seperti Guru memanggil
seorang murid bernama Budi di ruang kelas.
Guru = BSC
Kegiatan
memanggil = paging
Murid
bernama budi = MS B# (called party)
Ruang kelas
= location area
Jika pada
paging pertama gagal maka akan dilakukan proses paging retry, jumlah banyaknya retry dapat diset. Jika sampai pada
last paging retry tidak ada respons (paging response dari MS B#), maka dapat
diasumsikan bahwa paging tersebut tidak berhasil. Nilai keberhasilan paging diperoleh dari jumlah paging response. Jadi nilai paging success diperoleh dari jumlah paging response.
Berikut ini
beberapa hal yang mempengaruhi nilai keberhasilan paging, yaitu:
1. Coverage footprint
Semakin banyak daerah yang tidak tercakup
sinyal (blank spot), maka PSR makin
buruk, karena MS
yang dituju tidak dapat memberikan respons diakibatkan MS tsb tidak menerima paging dari network.
2. LAI (Location
Area Identity)/ LAC (Location Area
Code) definition
a. Pendefinisian LAC yang tidak
jelas (double LAC atau justru LAC
yang terhapus akibat
suatu aktivitas) menyebabkan gagal paging.
b. Location area yang terlalu luas (paging
tidak efektif karena bila paging tidak sampai, akan terjadi
pengulangan yang berarti paging attempt
akan makin besar) atau terlalu kecil (akibatnya pelanggan terlalu cepat
berpindah LAC) dapat menyebabkan penurunan PSR.
3. Timer setting for
paging timer untuk paging yang terlalu pendek
Hal tersebut bisa menyebabkan paging gagal,
karena sebelum paging respons diterima, paging sudah dianggap timeout. Oleh karena itu perlu dicari
nilai optimum untuk paging timer.
4. Rendahnya nilai LUSR juga dapat mempengaruhi rendahnya nilai PSR.
Hal ini disebabkan gagalnya location update menyebabkan tidak ada perubahan database HLR dari
location area MS B#, padahal MS B# telah berubah location area, sehingga BSC salah melakukan paging pada location area
MS B# yang lama
PSR (Paging
Success Rate) adalah suatu ratio perbandingan antara jumlah
kesuksesan jaringan dalam mencari mobile
station dengan jumlah percobaan jaringan
untuk berusaha mencari mobile
station yang ada di area lokasi tertentu. Formula yang digunakan dalam menghitung rasio ini
adalah
PSR (%) = (No.of
Network Paging Response / No.of Network Paging Attempts) *100%.
untuk standard yang ditetapkan perusahaan telekomunikasi berbeda-beda, ada yang di atas 85%,90%,dsb..
sekian,share dari saya,KPI lainnya disambung ke artikel berikutnya yah..
salam
{ 0 comments... Views All / Send Comment! }
Post a Comment