Key Performance Indicator pada Perusahaan Telekomunikasi

Bookmark and Share

Sekarang akan saya share KPI utama yang digunkan pada sebuah perusahaan telekomunikasi.


Berikut ini beberapa KPI utama yang digunakan pada sebuah perusahaan telekomunikasi (saya share 2 dulu yah^^), antara lain :
1.     LUSR ( Location Update Success Ratio )
Location Update menjadi salah satu hal penting yang harus dilakukan oleh suatu mobile station ( MS ). Setiap perpindahan lokasi dari suatu MS seharusnya dicatat oleh VLR atau HLR tempat dia berada sehingga didapatkan database subscriber yang terbaru. Data ini sangat diperlukan ketika ada suatu paging terhadap suatu MS sehingga keberadaannya diketahui dan panggilan pun dapat dilakukan. Oleh karena itu, location update menjadi sangat perlu dikarenakan perubahan database ini merupakan penentu besarnya indikator lainnya.
LUSR (Location Update Success Rate) adalah suatu ratio dari perbandingan antara jumlah mobile mengupdate lokasinya dengan sukses dan jumlah mobile meminta kepada jaringan untuk mengupdate lokasinya dimana dia berada. Formula yang digunakan dalam menghitung rasio ini adalah

LUSR (%) = (Location Update Success/ Location Update Request)*100.
            
Standard LUSR tergantung tiap perusahaan (di atas 90%,92%,dsb)

2.     PSR ( Paging Success Rate )
Paging digunakan untuk mengetahui keberadaan MS di suatu location area (LA), paging biasanya di-trigger ketika ada panggilan atau sms yang akan masuk ke sisi penerima. Agar network dapat memanggil atau mengirim pesan ke sisi penerima (called party), maka network melakukan paging terlebih dahulu untuk mengetahui keberadaan MS called party.
Saat melakukan paging, BSC (trigger paging dilakukan dari MSC) akan membroadcast B# yang dituju ke seluruh location area dari data terakhir MS B# berada, yang diperoleh dari HLR. Jadi paging dapat diasumsikan seperti Guru memanggil seorang murid bernama Budi di ruang kelas.
Guru = BSC
Kegiatan memanggil = paging
Murid bernama budi = MS B# (called party)
Ruang kelas = location area
Jika pada paging pertama gagal maka akan dilakukan proses paging retry, jumlah banyaknya retry dapat diset. Jika sampai pada last paging retry tidak ada respons (paging response dari MS B#), maka dapat diasumsikan bahwa paging tersebut tidak berhasil. Nilai keberhasilan paging diperoleh dari jumlah paging response. Jadi nilai paging success diperoleh dari jumlah paging response.
Berikut ini beberapa hal yang mempengaruhi nilai keberhasilan paging, yaitu:

1.  Coverage footprint
      Semakin banyak daerah yang tidak tercakup sinyal (blank spot), maka PSR makin buruk, karena MS yang dituju tidak dapat memberikan respons diakibatkan MS tsb tidak menerima paging dari network.

2.   LAI (Location Area Identity)/ LAC (Location Area Code) definition
a. Pendefinisian LAC yang tidak jelas (double LAC atau justru LAC yang terhapus akibat suatu aktivitas) menyebabkan gagal paging.
b. Location area yang terlalu luas (paging tidak efektif karena bila paging tidak sampai, akan terjadi pengulangan yang berarti paging attempt akan makin besar) atau terlalu kecil (akibatnya pelanggan terlalu cepat berpindah LAC) dapat menyebabkan penurunan PSR.

3.   Timer setting for paging timer untuk paging yang terlalu pendek
      Hal tersebut bisa menyebabkan paging gagal, karena sebelum paging respons diterima, paging sudah dianggap timeout. Oleh karena itu perlu dicari nilai optimum untuk paging timer.

4.  Rendahnya nilai LUSR juga dapat mempengaruhi rendahnya nilai PSR.
      Hal ini disebabkan gagalnya location update menyebabkan tidak ada perubahan database HLR dari location area MS B#, padahal MS B# telah berubah location area, sehingga BSC salah melakukan paging pada location area MS B# yang lama

PSR (Paging Success Rate) adalah suatu ratio perbandingan antara jumlah kesuksesan jaringan dalam mencari mobile station dengan jumlah percobaan jaringan  untuk berusaha mencari mobile station yang ada di area lokasi tertentu. Formula yang digunakan dalam menghitung rasio ini adalah

PSR (%) = (No.of Network Paging Response / No.of Network Paging Attempts) *100%.
untuk standard yang ditetapkan perusahaan telekomunikasi berbeda-beda, ada yang di atas 85%,90%,dsb..

sekian,share dari saya,KPI lainnya disambung ke artikel berikutnya yah..
salam

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment