Contoh Penerapan Optimasi pada BTS

Bookmark and Share

Contoh Penerapan Optimasi pada BTS

Dalam upaya untuk memenuhi kebutuhan kapasitas data GPRS jaringan Perusahaan Telekomunikasi , maka Perusahaan Telekomunikasi segera melakukan optimasi jaringan khususnya Jaringan 2G. Optimasi ini dilakukan diseluruh BTS-BTS Perusahaan Telekomunikasi yang berada di Jawa Timur dan pada saat itu Pegawai membantu proses optimasi BTS GSM di BTS Gempol, Porong, dan Pandaan Road. Proses optimasi BTS yang dilakukan dalam kerja prketek ini dilakukan dengan beberapa tahap yaitu :
Pada  BTS  porong dan Di Gempol, Masalah yang terdapat pada kedua BTS ini yaitu BTS ini mempunyai  Antena Sektor tepatnya Antena Sektor I  yang memiliki rating yang sama sebesar senilai 00  sehingga kedua antenna tersebut saling menguatkan yang menyebabkan terjadinya Interference antara frekuensi di kedua BTS ini, sehingga apabila user di daerah yang bersangkutan melakukan panggilan akan banyak terjadi drop call. Oleh karena itu usaha untuk mengatasinya dilakukan perubahan rating (downtilting) dari 00 menjadi  40 untuk kedua antena ini . 00 menandakan bahwa coverage dari BTS luas tapi kualitas sinyalnya kurang bagus  Sedangkan  40  menandakan bahwa  bahwa  kualits sinyal baik tapi daerah cakupanny kecil .
Adapun SOP untuk mengatasi masalah ini yaitu :
1.       Menentukan  antena sektornya terlebih dahulu dengan menggunakan Kompas
Antena sector terbagi 3 yaitu Sektor  I, II, dan III. Sektor I besarnya 00 – 1300 , sektor II besarnya 1300-2500  dan sektor III besarnya 2500-3600.
2.       Kemudian Antena di donwtilting sesuai dengan rating yang diinginkan , alat yang digunakan berupa waterpass unutk mengetahui kemiringan dari Antenanya
Kemudian akan diadakan pengukuran VSWRnya

{ 2 comments... Views All / Send Comment! }

Asrori Afa said...

http://gamedansoftwaregratis.blogspot.com/2013/06/download-game-pc-terbaik-harvest-moon.html

kingkong said...

thank's gan infonya !!!!

peluang agen tiket

Post a Comment